Gaya Hidup Agar Tidak Terkena Infeksi Saluran Kemih (ISK) Lagi

Gaya Hidup Agar Tidak Terkena Infeksi Saluran Kemih (ISK) Lagi

Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah masalah gangguan kesehatan umum yang dapat di derita oleh siapa saja, baik pria maupun wanita bahkan dewasa serta anak-anak. Gejalanya yang tidak nyaman, seperti nyeri saat buang air kecil, sering buang air kecil, dan perasaan ingin buang air kecil yang mendesak, dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bagaimana caranya agar kita bisa menghindari ISK atau setidaknya mengurangi risiko terkena ISK lagi? Jawabannya adalah dengan mengadopsi gaya hidup yang sehat dan berfokus pada pencegahan. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa langkah konkret yang dapat membantu kita menghindari ISK.

  1. Minum Air Secukupnya

Salah satu faktor utama yang dapat meningkatkan risiko ISK adalah dehidrasi. Ketika tubuh tidak mendapatkan cukup cairan, urin menjadi lebih pekat dan lebih sedikit, sehingga bakteri yang dapat menyebabkan ISK lebih mudah berkembang. Oleh karena itu, penting untuk memastikan kita minum air dalam jumlah yang cukup sepanjang hari. Secara umum, disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas (sekitar 2 liter) air setiap hari. Ini membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan membersihkan saluran kemih dari bakteri berbahaya.

  1. Jangan Menahan Kencing Terlalu Lama

Ketika kita merasa ingin buang air kecil, sebaiknya jangan menahannya terlalu lama. Menahan kencing dapat membuat bakteri berkembang biak dalam saluran kemih. Segera pergi ke toilet saat merasa ingin buang air kecil dapat membantu mencegah bakteri masuk ke dalam saluran kemih dan menyebabkan ISK.

  1. Hindari Penggunaan Sperma Sintetis

Penggunaan sperma sintetis atau pelumas tambahan saat berhubungan seks dapat meningkatkan risiko terkena ISK pada wanita. Pelumas yang mengandung bahan kimia tertentu dapat mengganggu keseimbangan bakteri di area genital dan memungkinkan bakteri jahat berkembang biak. Pilihlah produk yang aman dan bebas dari bahan kimia yang berpotensi merusak keseimbangan alami tubuh.

  1. Jaga Kebersihan Diri

Membersihkan diri dengan benar adalah kunci untuk mencegah ISK. Pastikan kita membersihkan area genital secara rutin, terutama sebelum dan setelah berhubungan seks. Selain itu, perhatikan teknik membersihkan diri yang benar saat buang air besar untuk mencegah kontaminasi dari area anal ke area genital.

  1. Kenakan Pakaian yang Tepat

Pemilihan pakaian yang tepat juga dapat memainkan peran penting dalam pencegahan ISK. Hindari pakaian dalam yang terlalu ketat atau dari bahan sintetis yang tidak dapat menyerap keringat dengan baik. Pakaian dalam yang nyaman dan bernapas dapat membantu menjaga area genital tetap kering dan mencegah pertumbuhan bakteri.

  1. Urut dari Depan ke Belakang

Saat membersihkan diri setelah buang air besar, ingat untuk selalu membersihkan dari depan ke belakang. Hal ini mencegah bakteri dari area anal masuk ke saluran kemih dan menyebabkan ISK.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Nutrisi yang baik dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih mampu melawan infeksi, termasuk ISK. Makan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, serta tinggi serat dapat membantu menjaga kesehatan saluran kemih. Kurangi konsumsi makanan yang tinggi gula dan rendah serat, karena gula dapat memperburuk pertumbuhan bakteri.

  1. Hindari Penggunaan Antibiotik yang Berlebihan

Penggunaan antibiotik yang berlebihan dapat mengganggu keseimbangan bakteri dalam tubuh. Sebagai contoh, minum antibiotik tanpa resep dokter dapat membunuh bakteri baik di saluran kemih, sehingga meningkatkan risiko ISK. Hanya gunakan antibiotik jika diresepkan oleh dokter dan ikuti petunjuk penggunaannya dengan cermat.

  1. Segera Konsultasi ke Dokter jika Ada Gejala

Terakhir, jika kita mengalami gejala ISK seperti nyeri saat buang air kecil atau sering buang air kecil, segera konsultasikan ke dokter. ISK yang didiagnosis dan diobati lebih awal memiliki peluang penyembuhan yang lebih baik dan dapat mencegah komplikasi serius.

Dengan mengadopsi gaya hidup yang sehat dan pencegahan yang tepat, kita dapat mengurangi risiko terkena ISK secara signifikan. Ingatlah bahwa pencegahan selalu lebih baik daripada pengobatan, jadi lakukan langkah-langkah ini untuk menjaga kesehatan saluran kemih kita.

Maitsa

Maitsa